Loading

wait a moment

Bincang tentang Cara Memandikan Kucing, Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut hingga Cara Menggemukkan Kucing Persia – Beragam Cara Merawat Kucing Sesuai Jenisnya

cara mandikan kucing
81 / 100 SEO Score
cara memandikan kucing
cara memandikan kucing

Beda jenis kucing, cara memelihara dan merawat setiap jenis kucing pun berbeda, dilihat dari kebutuhan kucing-kucing itu sendiri.

Sampai-sampai banyak orang yang kewalahan mengenai bagaimana sih cara merawat kucing yang baik dan benar?

Mau dibawa ke petshop, tapi harga memandikan kucing di petshop mahal, belum lagi harga makanan serta kebutuhan lainnya.

 

cara merawat kucing kampung agar nurut

 

Karena itulah muncul pertanyaan seperti, “Bagaimana cara memandikan kucing?”, “Gimana sih cara memandikan kucing kampung agar nurut?”, bahkan sampai, “Bagaimana cara menggemukkan kucing persia?”

Eitss, tak perlu risau dan pusing dulu. Di artikel ini kamu bisa menemukan beragam tips and tricks memelihara kucing, mulai dari cara memandikan anak kucing, cara mengurus bayi kucing, cara merawat kucing liar, cara mandikan kucing, hingga cara mengurus kucing persia plus cara menggemukkan kucing persia.

So, scroll aja di bawah ini! Berikut beberapa solusi merawat kucing dengan baik dan benar.

Hal yang perlu diperhatikan!

  1. Ketahuilah Jenis Kucingmu

Sering kali, para pemilik kucing akan mengabaikan hal yang satu ini, padahal mengetahui jenis kucing merupakan langkah awal untuk bisa merawat kucing agar kucing dapat tumbuh dengan sehat.

Hal ini dikarenakan, beda jenis kucingnya, maka beda pula perawatan yang mereka butuhkan.

Contohnya saja seperti kucing liar yang akan sangat ganas bila ingin dimandikan, sehingga membutuhkan air hangat serta kesabaran ektstra untuk memandikannya. Di sisi lain ada pula kucing persia yang memiliki bulu yang panjang, sehingga membutuhkan sisir yang lebih renggang agar bulu-bulunya tidak rontok dan berterbangan.

 

cara mengurus bayi kucing

 

  1. Ketahui Usia Kucing

Sama halnya dengan jenis kucing, usia kucing juga menentukan perawatan serta makanan yang dibutuhkan oleh si kucing itu sendiri.

Kucing kecil atau anak kucing akan lebih sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga memandikan anak kucing tidak boleh dilakukan hingga usia menginjak dua bulan.

Jumlah asupan makanan yang dibutuhkan tiap jenjang usia pun juga berbeda-beda dan bervariasi.

 

A. Cara Mengurus Bayi Kucing

Dari semua jenjang usia kucing, usia anak-anak adalah masa yang mana kucing tersebut sedang gemas-gemasnya. Sering kali, anak kucing akan bertingkah lucu dan manja yang membuat pemilik kucing gemas ingin terus bermain dengannya.

Bukan hanya karena ukurannya yang mini, anak kucing juga lebih kepo alias ingin tahu mengenai banyak hal, yang membuat anak kucing akan lebih rewel dan banyak gerak dibandingkan kucing dewasa.

Nah, tidak jarang sang pemilik anak kucing akan kerepotan untuk mengurus anak kucing. Apalagi bagi seorang pemula dalam merawat kucing.

Berikut, cara-cara mudah untuk merawat anak kucing.

1.Cara Memandikan Anak Kucing

Untuk memandikan anak kucing amat sangat tidak dianjurkan sebelum menginjak usia minimal 1,8 bulan. Hal itu dikarenakan sensitifitas kucing yang lebih tinggi ketika masih kecil. Hal ini bukan karena air yang terlalu dingin, bahkan di air hangat pun yang kita rasa tidak terlalu panas, akan terasa menyengat bagi si kucing kecil.

Jadi, kalau si kucing junior dipaksakan untuk mandi, maka akan membuatnya meriang atau bahkan muncul ruam di kulitnya. Kan kasian kucingnya dech kalau sampai majikannya tidak tahu cara memandikan anak kucing.

Namun, apabila kamu merasa si kucing amat perlu untuk dimandikan karena bau badan si kucing atau karena bulunya yang kotor, hal ini bisa diatasi dengan mengelap tubuh anak kucing dengan kain basah atau tissue basah.

2.Cara Mengurus Bayi Kucing Sehari-hari

Untuk cara mengurus bayi kucing sendiri cukup mudah, yaitu dengan memberikan tempat tidur berbahan lembut, rutin diberi vaksin, penuhi asupan makanan serta air.

Bila perlu, beri makanan yang tinggi protein seperti susu formula khusus kucing yang diformulasi dengan zat-zat yang dapat memenuhi asupan bayi kucing, agar perkembangan otak serta sistem sarafnya akan lebih maksimal.

Untuk pemberian makanan dapat dilakukan 3 – 4 kali sehari. Kamu bisa menggunakan botol  hingga usia 6 bulan untuk membantu pemberian susu dan air untuk bayi kucing peliharaanmu.

 

B. Cara Merawat Kucing Liar

Kucing liar atau sering kali kita sebut sebagai kucing kampung merupakan salah satu kucing dengan jumlah yang terbanyak di Indonesia.

Itu lhoo yang sering nongkrong di pinggir jalan atau yang seliweran di warung pecal lele… Ckckck.

Namun, walau sering kali dianggap sebagai kucing yang jorok dan ganas, kucing liar juga bisa lho untuk dipelihara serta dijinakkan.

Berikut beberapa cara merawat kucing liar (kucing kampung).

a. Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut

Kucing liar atau kucing kampung yang baru diadopsi sering kali bertingkah kasar dan agresif kepada majikannya. Tidak jarang majikan kucing akan dicakar bahkan digigit oleh si kucing. Maka dari itu, diperlukan cara merawat kucing liar yang benar, berupa perhatian serta kesabaran ekstra keras.

Kamu harus sering membelai atau mengelus kepala dari si kucing setiap kucing sedang makan, minum, atau pun mandi, hal ini dianggap efektif sebagai salah satu cara merawat kucing liar agar nurut.

Kedekatan/kontak fisik dan batin dapat meningkatkan hubungan yang baik antar kucing dan majikannya.

Jika kamu takut kalau-kalau akan dicakar oleh kucing, kamu bisa menggunting kuku kucing tersebut terlebih dahulu dengan menggunting tidak terlalu dalam dan membentuk lengkungan agar kuku menjadi tumpul.

b. Cara Memandikan Kucing Kampung

Untuk cara mandikan kucing, cukup dengan menyiapkan bak mandi, sampo khusus kucing, serta air yang dialiri oleh selang atau shower; hal ini berguna agar air tidak masuk ke telinga atau mata kucing.

For your information, kucing sangat sebal jika air masuk ke mata atau telinganya, jadi bisa-bisa kamu dicakar lagi sama si kucing garong.

Apabila kamu menggunakan gayung, tentu saja akan lebih sulit untuk mengatur agar air tidak masuk ke telinga atau matanya, bukan?

Pastikan juga agar kamu selalu mengelus-elus atau membelai kucing seraya memandikannya. Hal ini dapat membantu menenangkan kucing agar nggak rewel waktu dimandiin.

Kucing kampung juga tidak perlu terlalu sering untuk dimandikan. Cukup sebulan sekali, atau apabila sudah sangat bau, kamu bisa memandikannya dua minggu sekali.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan telinga kucing setiap selesai dimandikan. Kamu bisa mengelap kucing dengan handuk kemudian gunakan hair dryer atau pun blower untuk mengeringkan kucing selepas mandi.

Apabila yang kamu pelihara adalah kucing kampung baby, maka cara memandikan anak kucing kampung yang benar adalah dengan mengelap permukaan tubuhnya dengan handuk basah, kemudian mengeringkannya dengan handuk kering lalu dijemur di bawah sinar matahari.

Apabila kamu mau memandikan kucingmu, pastikan waktunya terlebih dahulu. Berbeda dengan kucing lainnya, kucing kampung akan lebih sukar buat dibujuk untuk mandi ketika cuaca sedang dingin, apalagi di malam hari. Thus, jangan pernah mandikan kucingmu di malam hari. Waktu yang disarankan untuk memandikan kucing kampung adalah antara jam 11 siang hingga jam 4 sore.

c. Cara Merawat Kucing Liar Sehari-hari

Merawat kucing liar cukup simple karena kucing liar atau kucing kampung tidak akan terlalu banyak neko-neko mengenai makanan yang mereka makan.

Beri kucingmu makan 2 – 4 kali sehari, dan jangan lupa untuk penuhi juga kebutuhan airnya.

Kamu bisa memberikan makanan khusus kucing atau makanan ikan maupun daging serta susu untuk kucing jenis ini.

Namun, pastikan jangan memberinya makanan yang terlalu asin, karena dapat membuat bulu-bulunya rontok.

Pasti nggak mau kan bulu-bulu kucing kesayangannya rontok?

 

C. Cara Mengurus Kucing Persia

Berbeda dengan kebanyakan jenis kucing lainnya, kucing persia memiliki daya tarik tersendiri dikarenakan bulunya yang indah dan juga panjang. Tak ayal, harganya pun lebih tinggi dibandingkan kucing lainnya. Namun, bukan hanya harganya saja yang mahal, perawatannya pun bisa dibilang istimewa.

Berikut cara mengurus kucing persia agar stay healty dan syantikk.

  • Cara Mandikan Kucing Persia

Kucing persia amat sangat rentan terhadap air dingin, makanya kamu harus perhatikan terlebih dahulu suhu dari air yang kamu gunakan untuk memandikan kucing persia. Kunci atau cara mandikan kucing persia adalah airnya jangan sampai terlalu dingin atau terlalu panas.

Pemilik kucing persia pun biasanya dianjurkan untuk memandikan kucing mereka di petshop. Namun, harga memandikan kucing di petshop tidaklah murah, gaess…

Apalah daya Hayati, harus belajar sendiri cara mandikan kucing…

Truss kamu juga membutuhkan sampo khusus kucing yang diformulasi dengan zat-zat yang membantu merawat bulu si kucing manis yang satu ini.

Sama halnya dengan kucing lainnya, kucing persia juga amat tidak suka apabila sesuatu masuk ke dalam telinganya, jadi gunakanlah shower atau pun selang untuk mengairi tubuh si kucing agar memudahkan kamu mengatur posisi air agar tidak masuk ke telinganya.

Setelah mandi, jangan pernah gunakan sisir biasa untuk menyisir bulu-bulu panjang si kucing, karena akan menambah kemungkinan bulu-bulu indah si manis akan rontok. Gunakan saja sisir yang renggang atau yang jaraknya jauh-jauh.

Tapi, dari semua hal di atas, yang paling penting adalah JANGAN PERNAH memandikan kucingmu dalam keadaan perut kosong. PANTANG! Itu sangat dilarang yah, guys… Jadi, sama halnya seperti manusia, kucing juga akan mudah kedinginan bila dimandikan dengan perut yang masih keroncongan.

Bahaya kan kalo sampai kucingmu merajuk, bisa-bisa dikerok tuh sama kuku si kucing.

Oh, ya. Bicara soal kuku, kamu juga bisa menggunting terlebih dahulu kuku kucing persia sebelum dimandikan, walau sebenarnya kucing yang satu ini biasanya lebih anteng dari pada kucing kampung yang hobi nyakar, jadi tak perlu takut bakal dicakar sama nih kucing karena takut mandi.

Apabila kucing persiamu masih kecil, maka kamu harus tahu pula bagaimana cara memandikan anak kucing yang bener nihh…

Kamu hanya perlu mengelapnya dengan tisu basah atau membasuhnya dengan handuk basah. Hal ini dianggap efektif sebagai cara memandikan anak kucing agar terhindar dari kutu dan jamur.

  • Cara Mengurus Kucing Persia Supaya Sehat dan Bulu-bulunya indah Terawat

Nah, seperti yang tadi sudah dijelaskan, bulu-bulu kucing persia ini lebih panjang dibandingkan kucing jenis lainnya, jadi kamu perlu banget untuk memerhatikan kesehatan bulu-bulunya ini.

Selain masalah kulit yang dapat membuat bulu-bulu kucing persia rontok, adanya kutu juga dapat mempengaruhi kecantikan dari bulu kucing persia.

Tentu saja hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sisir kutu atau pun menggunakan obat anti-kutu yang tersedia di petshop. Kamu juga bisa mencegahnya dengan rajin memandikannya min. 1 kali sebulan agar terhindar dari kutu.

  • Cara Menggemukkan Kucing Persia

Selain bulunya yang panjang, daya tarik kucing persia akan semakin bertambah dengan tubuh yang gempal. Makanya banyak sekali pemilik kucing persia yang bingung tentang bagaimana cara menggemukkan kucing persia mereka?

Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk menggemukkan kucing persiamu lho.

Berikut beberapa cara menggemukkan kucing persia dengan cepat.

  • Beri makanan berprotein tinggi

Makanan yang berprotein tinggi bisa menambah massa dari kucingmu. Cukup berikan ikan dan juga daging sebagai makanan kucingmu, guys…

  • Berikan vitamin khusus penambah nafsu makan kucing

Untuk vitamin sendiri dapat menggunakan resep dari dokter hewan atau pun vitamin yang biasa dijual di petshop. Vitamin ini berguna untuk memperlancar proses pencernaan sehingga membuat nafsu makan kucingmu meningkat.

  • Penuhi kebutuhan akan air

Selain makanan, kucingmu juga harus diperhatikan asupan airnya. Jangan sampai kucingmu kekurangan air yang menyebabkan pencernaan terganggu atau bahkan dehidrasi.

  • Rutin vaksin

Pemberian vaksin bisa dilakukan secara rutin dengan dokter hewan langsung. Biasanya kucing dengan kondisi tubuh yang sehat akan terjaga pula nafsu makannya.

  • Menu makanan yang tepat

Bukan cuma manusia lho yang pilih-pilih makanan, kucing pun sama. Coba berikan makanan yang bervariasi pada kucingmu. Jangan terus-terusan memberikannya makanan yang sama. Itu akan membuatnya bosan dan akhirnya malas untuk makan.

  • Istirahat yang cukup

Sudah makan banyak, tapi nggak gemuk juga? Mungkin kucingmu terlalu sering diajak bermain. Coba biarkan dia beristirahat lebih banyak. Pola tidur yang sehat akan membuatnya bugar dan tidak kecapekan.

  • Beri obat cacing

Semua hal sudah dicoba, namun belum gendut juga??? Bisa jadi kucingmu mengalami yang namanya CACINGAN.

Bukanlah hal yang mustahil untuk kucingmu terserang penyakit cacingan. Selain nafsu makan yang berkurang, kucing juga akan lemas, muntah-muntah, bahkan sampai terjadi kerontokan pada bulu-bulunya.

cara mengurus kucing persia
cara mengurus kucing persia

 

  1. Cara Mengurus Kucing Persia Supaya Tidak Cacingan

Ada banyak cara lho biar kucing persiamu tidak cacingan. Kamu bisa memberinya obat cacing secara rutin sesuai resep dokter.

Kamu juga harus memerhatikan kebersihan area sekitar kucingmu karena bisa saja cacing itu datang dari makanan atau pun kutu yang termakan oleh cacingmu. Dalam beberapa kasus, kutu yang termakan oleh kucing mengandung telur-telur cacing yang akhirnya berkembangbiak di dalam tubuh si kucing. Ewww

Maka dari itu, kamu harus disiplin mengikuti cara mandikan kucing yang baik dan benar seperti yang telah dijlelaskan sebelumnya.

cara mengurus bayi kucing

Namun, apabila sudah terlanjur cacingan, kamu bisa mengakalinya dengan memberinya obat cacing sesuai resep dokter atau memberinya obat alami seperti bawang putih.

Selain untuk mengatasi cacingan, bawang putih juga dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri dengan cepat. Caranya, haluskan 1 siung bawang putih, lalu berikan ke kucingmu setiap selesai makan. Trik ini merupakan salah satu cara mengurus kucing persia agar terbebas dari cacingan yang terbukti ampuh dan telah banyak dicoba.

harga memandikan kucing di petshop

Nah, setelah info serta tips & tricks di atas, pasti ada majikan kucing yang nggak mau ribet atau repot dalam mengurus kucingnya, apalagi kalau harus belajar cara memandikan kucing.

Tenang aja, bagi kamu yang ogah direpotkan tetek-bengek cara mandikan kucing, masih ada petshop yang bisa menjadi pilihan. Nah, di sini juga ada daftar harga memandikan kucing di petshop yang bisa jadi referensi buat kamu nih, guys.

 

Kategori Mandi Anak Kucing Biaya
Mandi biasa (±) Rp 50.000,-
Mandi Anti-kutu (±) Rp 80.000,-
Mandi Anti-jamur (±) Rp 80.000,-

 

Kategori Mandi Kucing Dewasa Biaya
Mandi biasa (±) Rp 120.000,-
Mandi Anti-kutu (±) Rp 150.000,-
Mandi Anti-jamur (±) Rp 150.000,-

 

Itulah daftar harga memandikan kucing di petshop berdasarkan kategorinya.

Perlu diingatkan bahwa harga memandikan kucing di petshop merupakan kisaran harga saja, dan bisa saja harga akan berubah sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing kucing.

cara merawat kucing liar

 

Nah, artikel di atas merupakan beberapa tips cara merawat kucing agar tetap sehatdan terawat; mulai dari cara memandikan kucing, cara merawat kucing kampung agar nurut, cara menggemukkan kucing persia, sampai daftar harga memandikan kucing di petshop yang mungkin bisa menjadi alternatif bagi kamu yang takut atau malas untuk memandikan kucingmu sendiri.

Semoga artikel di atas bermanfaat, guys

error: Content is protected !!
Skip to toolbar